021-3155550

PT Pegadaian (Persero) dengan usaha inti jasa gadai, lebih dari 95% barang jaminan adalah perhiasan emas. Perhiasan yang terbuat dari emas erat kaitannya dengan batu mulia sebagai bahan yang menambah keindahan perhiasan. Tidak jarang batu mulia yang terdapat dalam perhiasan emas nilainya lebih tinggi dibanding emasnya  terutama batu mulia seperti Ruby, Sapphire, Emerald dan berlian. Bermula dari kebutuhan PT Pegadaian (Persero) untuk lebih memahami batu mulia seperti berlian, ruby, sapphire dan emerald dimulai tahun 1995 dilanjutkan tahun-tahun berikutnya  dan terakhir pada tahun 2015 mengirimkan karyawan-karyawan terpilih untuk mengikuti pendidikan gemologi di lembaga-lembaga pendidikan gemologi terkemuka di dunia seperti HRD Antwerp Belgia, GIA Bangkok Thailand, AIGS Bangkok Thailand dan Swiss Gemmological Institute SSEF Swiss. Tugas utama dari para gemologist ini adalah melakukan riset yang hasilnya diharapkan bisa memberikan masukan kepada perusahaan tentang potensi batu mulia untuk dinilai sebagai barang jaminan gadai.

Sebagai nilai tambah yang bisa diberikan oleh para gemologis dan untuk mendukung riset serta terbukanya peluang bisnis jasa sertifikasi batu mulia, pada tahun 2012 dibukalah layanan jasa pengujian batu mulia dengan nama Pegadaian Gemological Laboratory yang disingkat menjadi Pegadaian G-Lab.

Sebagai sebuah laboratorium gemologi Pegadaian G-Lab selalu berusaha untuk menjunjung tinggi  integritas, independensi dan profesionalisme dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Melalui salah satu misinya yakni mendukung perdagangan batu mulia dengan memberikan edukasi secara berkelanjutan, Pegadaian G-Lab selain memberikan jasa sertifikasi diharapkan juga menjadi sumber informasi yang benar tentang batu mulia sehingga industri batu mulia semakin berkembang di masa mendatang.

Dibentuk pada tahun 2010 sebagai satu-satunya laboratorium gemologi BUMN, Laboratorium Gemologi Pegadaian (Pegadaian G-Lab) bertujuan  memberikan layanan pengujian batu mulia secara profesional. Selama lebih dari enam tahun Pegadaian G-Lab telah memberikan layanan pengujian batu mulia kepada masyarakat peminat batu mulia (gemstones enthusiast).

Dengan visi “Menjadi laboratorium kepercayaan publik dalam batu mulia dan emas dengan menjunjung tinggi integritas, independensi dan profesionalisme melalui  layanan laboratorium, riset dan pengembangan peralatan” Pegadaian G-Lab senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Pegadaian G-Lab sangat memahami bahwa kualitas pelayanan dalam sebuah laboratorium gemologi erat kaitannya dengan kemampuan gemologis dan peralatan yang digunakan.

Dalam dua dekade terakhir pengujian batu mulia berkembang secara signifikan. Penentuan species & varieties, treatment, origin opinion dan bahkan dalam membedakan batu mulia natural maupun sintetik menjadi lebih sulit. Hal tersebut terjadi oleh karena perkembangan treatment, penemuan deposit baru dan pembuatan batu sintektik dengan metode yang terkinikan. Pengujian yang dulunya cukup dengan menggunakan peralatan standar kini harus disertai dan dikonfirmasi dengan advanced equipment. Sebagai contoh sederhana, untuk membedakan amethyst natural dan sintetik seringkali tidak cukup dengan menggunakan mikroskop namun harus disertai penggunaan advanced equipment.

Dengan misi “Mendukung perdagangan batu mulia dengan memberikan edukasi secara berkelanjutan” Pegadaian G-Lab selalu menempatkan diri sebagai pendukung dalam perdagangan batu mulia dan perhiasan serta terbuka untuk berkolaborasi dengan semua pihak dengan secara berkelanjutan melakukan riset dan memberikan informasi tentang batu mulia dan perhiasan melalui berbagai media.

Sebagai komitmen Pegadaian G-Lab untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat peminat batu mulia di tahun 2017 ini Pegadaian G-Lab bertransformasi dari sebuah laboratorium gemologi standar menjadi laboratorium gemologi modern dengan melakukan modernisasi peralatan. Modernisasi peralatan ini dilakukan melalui peremajaan dan peningkatan kualitas peralatan standar dan yang paling utama adalah melengkapi peralatan laboratorium dengan beberapa advanced equipment yang digunakan oleh laboratorium-laboratorium gemologi ternama di dunia. Dengan modernisasi peralatan diharapkan pengujian batu mulia dapat dilakukan dengan jauh lebih komprehensif untuk menghasilkan kesimpulan pengujian yang lebih akurat. Ke depan Pegadaian G-Lab akan senantiasa meningkatkan kemampuan gemologisnya dan disertai dengan pengembangan peralatan sehingga bisa bersanding sejajar dengan laboratorium-laboratorium terkemuka di dunia.